Ini Cara mengolah Ikan Mengandung Cacing Anisakis Biar Layak Dikonsumsi

Sekretaris Dinas Kesehatan Bangka Barat, dr Hendra.(rul/wb)
Sekretaris Dinas Kesehatan Bangka Barat, dr Hendra.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Sekretaris Dinas Kesehatan Bangka Barat, dr Hendra menyebutkan Cacing Anisakis yang terkandung pada ikan ciu aman dikonsumsi asalkan diolah dengan baik. Bahkan cacing tersebut mengandung protein.

"Kecuali ikannya dimakan mentah, misalnya ikan mentah kaya sushi itu ya, itu yang bahaya, juga mengandung telur cacing," ungkap dr Hendra saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (12/4/2019).

Dr Hendra mengungkapkan dalam ilmu kedokteran, jika makanan mengandung telur cacing dimasak kurang sempurna, maka telur cacingnya masih untuh dan bisa masuk dalam pencernaan tubuh.

Begitu juga dengan ikan yang mengandung cacing, jika dimasak dengan sempurna maka cacingnya akan mati.

 

Menurut dr Hendra, pada tubuh ikan terkadang mengandung cacing lantaran itu termasuk flora normal yang menguntungkan bagi jenis ikan tertentu.

"Kalau dia dimasak dengan sempurna cacingnya mati, dimakan tidak apa-apa karena dia protein juga, jadi tidak jadi masalah,” tegas dr Hendra.

Dr Hendra mengimbau masyarakat Bangka Barat mengolah dan memasak ikan secara sempurna sehingga layak dikonsumsi.

Baca Juga: Hati-hati, Ikan Ciu di Babar Mengandung Cacing Anisakis

Hal senada juga dijelaskan Havita Kabid Ketahanan pangan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Bangka Barat bahwa jika dimasak dengan suhu 60° Celsius dan diolah baik,  maka ikan itu tidak Berbahaya.

"Disampaikan oleh pihak laboratorium pengolahan hasil mutu perikanan Provinsi Babel bahwa sebenarnya cacing anisakis ini kalau secara keamanan pangan itu tidak berbahaya untuk dikonsumsi," tukas Havita.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL