Syahwat Politik Tak Terkontrol Dapat Memancing Kerusuhan

Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi.(rul/wb)
Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com – Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi mengingatkan seluruh caleg dan timses yang ada di Bangka Barat untuk hadapi masa tenang dengan menjaga kondusifitasnya.

Rio tidak menginginkan ada penggiringan opini negatif terhadap Bawaslu dan jangan melakukan provokasi di masyarakat baik secara langsung maupun lewat medsos.

"Karena syahwat politik yang tidak terkontrol pada akhirnya akan membuat disenting opinion yang mengarah pada kerusuhan," Rio saat ditemui wartawan, Rabu (10/04/2019).

"Sekarang pemanfaatan media sosial juga kita minta orang lebih cerdas, jangan sampai membangun opini ternyata di like, dishare dengan orang banyak" ujar Rio.

Rio menegaskan agar peserta pemilu memanfaatkan masa tenang nanti sesuai dengan porsinya, tidak memanfaatkan tempat ibadah, fasilitas pendidikan, medsos untuk provokasi.

"Kita berharap respon masyarakat jikapun ada dugaan pelanggaran. Bawaslu ada kewajiban menerima dan menindaklanjuti, kita akan terima sesuai dengan mekanismenya,” kata Rio.

Lebih lanjut Rio mengatakan, laporan bisa disampaikan dihari kerja sesuai dengan undang-undang pemilu yaitu Senin-Kamis sampai pukul 16.00 Wib, dan Jumat sampai pukul 16.30 WIB.

“Tindak pidana pemilu itu bisa dilaporkan tujuh hari sejak diketahui, bukan sejak dibuat, jadi jika kejadiannya dua bulan yang lalu dan hari ini baru diketahui silakan laporkan," terang Rio.

"Jadi batasan pelapor untuk memenuhi unsur formil materilnya ada tujuh hari, jadi walaupun sudah ditetapkan sebagai calon terpilih ternyata baru diketahui kita akan proses," tambah Rio.

Rio juga mengingatkan jika pelapor merasa khawatir diintimidasi oleh terlapor, maka segera lapor ke kepolisian untuk mendapatkan perlindungan saksi.

"Siapapun berhak mengawasi proses demokrasi, siapapun berhak cerdas, silakan baca aturannya. Bawaslu bukan lembaga yang meng-amini opini yang dibangun di luar," tukas Rio.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL