Bawaslu Babar Minta KPU Siapkan Alat Bantu Disabilitas

Chairul Aprizal    •    Kamis, 11 April 2019 | 17:46 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Barat, Pardi.(rul/wb)
Ketua KPU Bangka Barat, Pardi.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com – Pihak Bawaslu Kabupaten Bangka Barat mengungkapkan hingga saat ini KPU Babar belum menyiapkan logistik braile untuk pemilih disabilitas.

"Yang belum alat bantu disabilitas atau tuna netra yang belum tiba, template," ungkap Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Fahlevi, Rabu (10/04/2019).

Rio mengatakan alat bantu untuk pemilih disabilitas memilih itu penting, dan wajib disediakan oleh KPU Bangka Barat.

"Sesuai dengan motto KPU menjaga hak pilihnya, terlepas mereka penyandang disabilitas, itu sudah ada di dalam ketentuan. Ada di dalam PKPU bahwa KPU wajib menyediakan itu," tegas Rio.

"Kalaupun diganti harus ada juknis yang lain ataupun menggantinya seperti apa bentuknya kita juga belum tahu," imbuh Rio.

Terpisah Ketua KPU Bangka Barat, Pardi, membenarkan jika sampai sekarang template braile untuk alat bantu pemilih disabilitas belum datang.

"Jadi memang template itu disediakan untuk pemilih disabilitas tunanetra, jadi biar dia bisa memilih sendiri," kata Pardi saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (1/4/2019).

"Jadi dia dapat mengidentifikasi surat suara dengan template tersebut, template itu sejenis mal nanti surat suara dimasukkan didalam template itu," jelasnya.

Pardi menuturkan template braile itu digunakan agar bisa memilih dengan meraba nama calon yang akan dipilihnya.

Pardi menambahkan jika tidak ada template untuk tuna netra, pihaknya menyiapkan formulir C3 atau pendamping pemilih. Nantinya pemilih disabilitas atau tuna netra memberikan kuasa kepada pendamping untuk menyoblos pilihannya.

Pardi mengakui tinggal template yang belum tersedia sampai sekarang di Bangka Barat, dan antisipasinya KPU menyiapkan sarana C3 untuk formulir pendamping.

"Template itu disediakan sebanyak satu di tiap TPS, jadi bukan setiap pemilih dapat satu, template itu sejumlah TPS," tukas Pardi.(rul/wb)

Halaman