Simulasi Ajang Pelatihan Bagi KPPS Baru

Panitia Pemungutan Suara memberikan bantuan kepada salah seorang penyandang disabilitas ketika simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka.(dwi/wb)
Panitia Pemungutan Suara memberikan bantuan kepada salah seorang penyandang disabilitas ketika simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif serentak tahun 2019.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bangka, Iman Supiar, mengatakan kelompok petugas pemungutan suara (KPPS) yang bertugas pada Pemilihan Umum kali ini sebagian wajah baru, sehingga perlu diberikan pelatihan secara langsung selain materi dan buku panduan.

"Simulasi ini bagian dari belajar bersama, agar pada hari H penyelenggaraan dapat berjalan lancar," kata Iman Supiar ketika membuka kegiatan di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, Rabu (10/4/2019).

"Ini proses pembelajaran juga bagi para petugas yang nanti ada di tempat pemungutan suara (TPS), mari kita lihat bagaimana jalannya simulasi yang sudah dibuat seperti hari H pemungutan,'' jelasnya.

Selain itu, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini untuk menumbuhkan rasa optimisme para penyelenggara dalam menjalankan tugasnya saat 17 April 2019 mendatang.

Bagi para petugas TPS juga diimbau memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang belum mengerti tata cara dalam pemungutan suara tahun ini dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara, Koordinator Divisi Penindakan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka, Zulkiflli mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan KPU Kabupaten Bangka.

Hal ini terkait upaya KPU Kabupaten Bangka dalam menyukseskan pemilu tahun ini, supaya dapat berjalan lancar dan sukses.

''Kami Bawaslu juga hari ini mencoba melihat proses pencoblosannya, sebab ini juga berguna bagi kami dalam hal mengatur cara atau strategi dalam pengawasan kedepan,'' jelas Zukifli.

Pihaknya juga berharap seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka dapat menjaga kondisi agar tetap kondusif, cepat tanggap apabila mendapati unsur pelanggaran dalam proses pemilu nanti, jangan ragu untuk melaporkan kepada Bawaslu Kabupaten Bangka. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL