Bawaslu Basel Ingatkan KPU Soal Kotak Suara di Musim Penghujan

Aston    •    Selasa, 09 April 2019 | 21:34 WIB
Lokal
Bawaslu Basel Rakor Bersama Stakeholder. (Astoni/wowbabel)
Bawaslu Basel Rakor Bersama Stakeholder. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 bersama Stakeholder di Wendy Coffee & Friends, Selasa (9/4/2019).

Kegiatan dihadiri oleh Stakeholder yang ada di Bangka Selatan dari unsur Kepolisian, TNI,  Kejaksaan, Perwakilan DPRD Basel, MUI, FKUB, Camat Se- Basel, Polsek Se-Kabupaten Basel, Partai Politik Peserta Pemilu, LO Paslon 01, LO Paslon 02, Pokja Wartawan. Acara dibuka langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer, 

Justiar Noer, dalam sambutannya, sangat mengapresiasi Kinerja Bawaslu Basel yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Ia berpesan kepada seluruh Camat se-Kabupaten Bangka Selatan untuk dapat berkoordinasi dengan jajaran penyelenggaran pemilu ditingkat kecamatan dan memfasilitasi tempat untuk penyimpanan logistik dan proses rekapitulasi di tingkat kecamatan.

“Satpol PP juga harus terus berkoordinasi dengan Bawaslu terkait teknis penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) menjelang minggu tenang nanti," imbuh Justiar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Sahirin dalam sambutannya mengajak seluruh stakeholder yang ad di Bangka Selatan untuk dapat berperan aktif dalam mengawal proses penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

“Hari ini personil kami dari tingkat Kabupaten sampai dengan Pengawas TPS berjumlah 632 orang selain itu kami juga punya 506 Agen Pengawasan yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Bangka Selatan yang terdiri dari pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bangka Selatan," terang Sahirin.

Sahirin menambahkan, banyak hal yang telah dilakukan mulai dari pembekalaan Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pengawas TPS serta mensosialisasikan dan menghimbau Peserta Pemilu dan Pemilih tentang aturan Pemilu. 

“Beberapa minggu terakhir ini kami juga sudah mulai melakukan Patroli Pemilu untuk menjaga kondusifitas demokrasi di wilayah Bangka Selatan," ungkap See.

Sahirin juga mengingatkan KPU Basel beserta jajarannya untuk mempersiapkan dan mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi pada saat pendistribusian logistik ke TPS, mengingat kotak suara yang terbuat dari kardus maka harus di antisipasi jika cuaca hujan saat pendistribusian logistik.

“KPU juga harus berkoodinasi dengan pihak Kecamatan terkait tempat penyimpanan Kotak Suara pada saat proses rekapitulasi di tingkat Kecamatan, untuk memastikan tempatnya memang layak digunakan," tegasnya.

Sahirin juga meminta kepada KPU Basel untuk melakukan monitoring terkait penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) jajaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), jangan hanya membebankan kepada PPS, karena dari hasil supervisi kami ke Desa – Desa masih banyak Anggota KPPS yang belum mengerti terkait teknis pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu tahun 2019.

“KPPS sebagai ujung tombak KPU pada Proses Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS harus benar – benar mengerti terkait hal teknis pemungutan dan penghitungan suara, jangan sampai proses demokrasi yang sudah disiapkan terkendala oleh SDM," jelas sahirin.

Malam ini (Selasa) Bawaslu Basel kembali akan mengundang Panwaslu Kecamatan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se- Kabupaten Bangka Selatan untuk melaksanakan Rapat Koordinasi penyamaan persepsi antara jajaran Bawaslu Basel dan KPU Basel. (Astoni/wowbabel)

Halaman