51 Orang Meninggal Akibat Lakalantas

Firman    •    Jumat, 29 Maret 2019 | 22:36 WIB
Lokal
Kabid Humas Polda Bangka Belitung AKBP A Maladi.(fn/wb)
Kabid Humas Polda Bangka Belitung AKBP A Maladi.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Ditlantas Polda Bangka Belitung mencatat selama triwulan satu Tahun 2019, sebanyak 51 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas.

Sebagian besar korban rata-rata pengendara roda dua lantaran melanggar peraturan lalu lintas di jalan raya.

"Angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Bangka Belitung dari Januari hingga Maret 2019, jumlahnya cenderung meningkat," kata Ditlantas Polda Babel Kombes (Pol) Agus Fachulloh yang diwakili Kabid Humas, AKBP A, Maladi didampingi Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Babel, AKBP Hadi Purwanto dan Kasubbid Penmas AKP Febri Surya Wardhana, saat menggelar konferensi pers di Bid Humas Polda Babel, Jumat (29/3/2019).

Namun demikian kata AKBP A, Maladi untuk angka korban yang meninggal dunia cenderung menurun pada priode Februari hingga Maret.

"Pada bulan Februari 2019, sebanyak 15 orang yang meninggal dunia sedangkan di bulan Maret hanya 12 orang meninggal dunia," imbuh Maladi.

Jika dibandingkan dengan kejadian lakalantas pada triwulan satu tahun 2018 lalu, sebanyak 37 kejadian dengan korban meninggal dunia 45 orang, luka berat 29 serta 23 orang luka ringan. Sedangkan, pada triwulan satu tahun 2019 sebanyak 69 kejadian lalalantas dengan korban jiwa 51 orang, luka berat 28 dan luka ringan 25 orang.

"Mengalami peningkatan baik jumlah kejadian yaitu 32 kejadian, meninggal dunia bertambah enam jiwa dan luka berat satu jiwa," kata Maladi.

Maladi menambahkan upaya menekan angka kecelakan lalulintas juga dilakukan selain melakukan tindakan hokum. Termasuk mengedukasi generasi milenial dengan kegiatan Millennial Road Safety Festival pada Februari lalu.

"Terjadi perubahan yang signifikan, juga bagian dari edukasi untuk menekan angka lakalantas yang rata-rata korbannya merupan generasi milenial," imbuh Maladi.

Ditambahkan Maladi, pihaknya dalam hal ini lebih mengedepankan keselamatan bagi masyarakat dengan sifat mendidik.

"Seperti untuk mengurangi korban kecelakaan lakalantas di jalan raya terutama kaum Milenial agar lebih berhati-hati berkendara di jalan raya. Lengkapi peralatan dalam berkendara yaitu dengan menggunakan helm SNI dan perlengkapan keselamatan lainnya," tukas AKPB Maladi.(fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE