Waspada, Selama Tiga Hari Babel Dilanda Cuaca Ekstrim

Firman    •    Kamis, 28 Maret 2019 | 14:00 WIB
Lokal
Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji (dok)
Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji (dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com  -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memperkirakan potensi terjadinya cuaca esktrim di wilayah Bangka Belitung (Babel) masih cukup besar hingga 30 Maret 2019 mendatang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji mengatakan untuk tiga hari ke depan wilayah Bangka Belitung masih terjadinya cuaca esktrim .

"Saat ini Bangka Belitung, masih dalam kategori masuk ke dalam zona belokan angin dan konvergensi," ungkap Kurniaji, Kamis (28/3/2019) melalui pesan singkat.

Selain itu Kurniaji menambahkan di sebelah Barat Daya Kalimatan yang berbatasan langsung dengan perairan sebelah Timur Babel terdapat sirkulasi tertutup atau eddy circulation.

"Kombinasi dari dua fenomena ini akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif di wilayah dan perairan Babel," katanya.

Dikatakan Kurniajai, dua fenomena di atas tersesbut akan menyebabkan turunnya hujan lebat di wilayah Bangka Belitung, dua hingga tiga hari kedepan.

"Angin kencang juga diakibatkan oleh awan-awan konvektif seperti awan cumulonimbus tersebut," imbuh Kurniaji.

Cumulonimbus juga bisa menyebabkan hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Bagi nelayan yang sedang melaut untuk waspada potensi adanya awan cumulonimbus yang bisa  menyebabkan tingginya gelombang laut bertambah," tukas Kurniaji.(fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL