Pentingnya Pemetaan Sosiologi Komunitas Asia

ADVERTORIAL    •    Sabtu, 09 Maret 2019 | 16:10 WIB
Lokal
Guru Besar Sosiologi, Universitas Bangka Belitung, Prof Dr. Bustami Rahman  saat menyampaikan materi  International Class on Asian community di Universitas Bangka Belitung, Jumat (8/3/2019).(wb)
Guru Besar Sosiologi, Universitas Bangka Belitung, Prof Dr. Bustami Rahman saat menyampaikan materi International Class on Asian community di Universitas Bangka Belitung, Jumat (8/3/2019).(wb)

PANGKALPINANG,wowbabel.com -- International Class on Asian community , kelas internasioanl yang diselenggarakan berkat kerjasama Faculty of Social and Political Sciences Universitas Bangka Belitung and One Asia Foundation kembali digelar, Jumat (8/3/2019) siang.

Kali ini materi yang diberikan adalah membahas pentingnya pemetaan sosiologi pada Komunitas Asia. Dengan narasumber Guru Besar Sosiologi, Universitas Bangka Belitung, Prof Dr. Bustami Rahman beserta Syafri Hariansah dari Ankara University ,Turkey.

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok.

Manusia sebagai makhluk sosial tidak pernah jauh dengan namanya hubungan sosial, karena bagaimanapun hubungan tersebut mempengaruhi perilaku seseorang. Sebagai bidang studi , sosiologi memiliki ruang lingkup yang luas, diantaranya bagaiman orang mempengaruhi kita, kita mempengaruhi orang Baik institusi , ekonomi, agama, politik bahkan hal lainnya.

Menurut Bustami Rahman, berbicara sosiologi terutama pemetaannya, maka sama dengan berbicara peradaban. Sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Kelompok Asia, maka apa yang menjadi fokus Indonesia maupun negara lain, menjadi fokus dunia. 

"Sosial politik yang ada di Indonesia secara tidak langsung dipengaruhi sosial politik Asia, kita sebenarnya satu rumpun yang mengalir ke bawah, yang akhirnya berbeda beda, karena pengaruh



1   2      3      4