Perdagangan Timah Dibuka Kembali, PT Timah Tetap Dominan

Tim_Wow    •    Rabu, 06 Maret 2019 | 16:02 WIB
Ekonomi
ilustrasi (net)
ilustrasi (net)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity and Derivatives Exchange/ICDX) meluncurkan produk kontrak fisik timah murni batangan (ex-warehouse). ICDX pun membuka kembali pintu sertifikasi tambang dan smelter dari PT Surveyor Indonesia setelah lima bulan dihentikan karena dugaan kesalahan survei terhadap tambang dan smelter ilegal. 

Dibuka kembali kontrak fisik timah dan penelusuran asal usul timah batangan oleh PT SI tak akan mempengaruhi dominasi PT Timah Tbk. Bahkan para analisi memperkirakan BUMN tambang itu makin kuat menguasai pasar timah.

"Yang  dihentikan ICDX  adalah timah batangan  diverifikasi  SI, kalau  PT Timah  Tbk tetap bertransaksi  tidak  terpengaruh jadi perdangan  timah  Indonesia  yang sudah memenuhi  persyaratan tidak  dihentikan," kata Anggi  B Siahaan Kepala Bidang  Humas  PT Timah  Tbk  kepada  wowbabel.com, Rabu  (6/3/2019).

Dominasi  PT Timah  Tbk  dalam ekspor timah batangan Indonesia  tidak  terpengaruh  oleh  kebijakan ICDX membuka kembali  perdagangan  timah  batangan yang diverifikasi PT SI  Ini juga diakui  sejumlah  analis bursa.

"Perhatian (investor) terhadap Surveyor Indonesia tidak beralasan, karena sampai saat ini Kementerian ESDM baru menyetujui rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) tiga perusahaan," ujarnya Ariyanto Kurniawan, analis PT Mandiri Sekuritas dalam riset , Senin (4/3/19) yang dikutip dari CNBC Indonesia.com.  

Tiga perusahaan itu terdiri dari TINS dan



1   2      3