Kapten (Arh) Khaerudin: Hedeka Hume Wujud Rasa Syukur Petani

ADVERTORIAL    •    Senin, 25 Februari 2019 | 10:06 WIB
Lokal
Acara pemotongan dan penyerahan tumpeng yang dilakukan pada kegiatan Hedeka Ume di Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepong, Minggu (24/2/2019).(ist)
Acara pemotongan dan penyerahan tumpeng yang dilakukan pada kegiatan Hedeka Ume di Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepong, Minggu (24/2/2019).(ist)

LEPONG,www.wowbabel.com --  Warga Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepar Pongok (Lepong), Minggu (24/2/2019) menggelar acara Hedeka Ume di desa tersebut.

Sawah yang berada di Desa Tanjung Labu ini merupakan sawah yang dicetak pada Tahun 2017 lalu. Pengelolaan sawah ini melibatkan anggota TNI, mulai dari penyaluran pupuk membajak sawah, penyemaian, penanaman hingga memanen padi.

Hedeka Ume di Tanjung Labu merupakan tradisi yang menunjukkan rasa syukur atas rezeki yang diperoleh masyarakat dari bercocok tanam, dimana masyarakat melaksanakan sedekah  atas hasil pertanian terutama hasil padi. Untuk itu disetiap pondok para petani disawah menyediakan makanan tradisional sehingga bagi masyarakat yang melintas dapat menikmati hidangan yang disediakan.

Danramil 0413-01/Lepong, Kapten (Arh) Khaerudin juga turut menghadiri acara Hedeka Ume ini dan merasa bersyukur lantaran kerja keras petani dan TNI membuahkan hasil yang maksimal.

"Tradisi Hedeka Ume ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang banyak, dengan ungkapan rasa syukur ini mudah mudahan hasil panen yang akan datang dapat lebih banyak lagi,” ungkap Kapten (Arh) Khaerudin.

"Kita akan terus kembangkan potensi pertanian dan perkebunan di kecamatan ini. Kegiatan Hedekah Hume ini juga merupakan bukti keberhasilan pengembangan pertanian di Lepar Pongok sehingga adanya syukuran seperti ini," imbuh Khaerudin.

Acara Hedeka Ume ini diawali dengan sambutan Kades Tanjung Labu dilanjutkan sambutan Bupati Basel H Justiar  Noer. Kemudian berdoa yang dilanjutkan dengan pemotongan dan penyerahan tumpeng Lepat kepada kades serta penyerahan traktor 16 x 16 roda 4 dari dinas pertanian.(rill/*)

Halaman