Komunitas Literasi Babel Dapat Dukungan dari LPMP dan Kantor Bahasa

Kepala LPMP Babel, Dadan Supriatna menyerahkan Tumpeng pertama kepada Ketua Komunitas Literasi Babel Feryandi Komeng, Senin (4/2/2019). (Ist)
Kepala LPMP Babel, Dadan Supriatna menyerahkan Tumpeng pertama kepada Ketua Komunitas Literasi Babel Feryandi Komeng, Senin (4/2/2019). (Ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (4/2/2019) meresmikan gedung baru Unit Layanan Terpadu LPMP Babel.

Pengguntingan pita dilakukan secara simbolis oleh Kepala LPMP Babel Drs. Dadan Supriatna, M.Pd didampingi pejabat LPMP Babel serta Ketua Komunitas Literasi Babel Feryandi Komeng.

Setelah pengguntingan pita, dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan penyerahan nasi tumpeng pertama kepada Ketua Komunitas Literasi Babel Feryandi Komeng.

Kepala LPMP Babel Dadan Supriatna berharap agar gedung yang baru diresmikan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Sebelumnya, Kamis (31/1/2019) sore, prasasti sudah ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P di VIP Bandara Depati Amir Pangkalpinang," kata Dadan.

Unit Layanan Terpadu (ULT) memiliki moto "Kawa Melayani" dibidang data mutu dikdasmen, supervisi satuan pendidikan, fasilitasi peningkatan mutu pendidikan, penggunaan fasilitas LPMP Babel.

"Silahkan jika komunitas literasi ingin bersinergi dalam bidang literasi, kita mendukung. Selain itu kita juga dapat bersinergi melalui berbagai program untuk meningkatkan dunia literasi di Babel ini," terangnya.

"Upaya menggalakkan minat baca dan menulis karya literasi tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri harus bersinergi dengan semua pihak, agar dapat maksimal," harapnya.

Sementara itu, ditempat terpisah Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yani mengatakan bahwa ada beberapa program yang dapat dilakukan secara bersama-sama antara komunitas literasi Babel, LPMP, Kantor Bahasa dan unit Komisi Akreditasi Nasional (KAN) Babel.

"Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan komunitas literasi Babel dalam rangka meningkatkan dalam bidang literasi maupun meningkatkan kemampuan dan keterampilan menulis baik guru maupun masyarakat umum," terang Yani, Senin (4/2/2019) di ruang LPMP Babel.

Sementara itu, Ketua Literasi Babel Feryandi Komeng didampingi bendahara Muhammad Sukri dan pengurus literasi Babel Denni Candra mengucapkan terima kasih atas dukungan dari LPMP Babel dan Kantor Bahasa Babel.

"Kita fokus menggalakkan minat baca dan gerakan menulis karya literasi bagi generasi muda maupun masyarakat Babel," ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut Komeng bukan hanya bentuk pelatihan menulis, seminar maupun lomba menulis. Juga memiliki lini penerbitan buku yang bernama Kopi Indonesia dan Babel Bangkit Publisher. 

"Jika masyarakat Babel ada naskah, silahkan jika ingin menerbitkan buku di lini penerbitan komunitas literasi. "
Buku-buku yang kita terbitkan juga sama seperti buku-buku pada umumnya yang ber-ISBN," ujar Komeng.

Pihaknya juga melayani jasa editing, layout naskah buku, desain cover buki, cetak buku baik sistem POD maupun offset.

"Buku-buku yang kita terbitkan juga akan kita bantu pemasarannya melalui cara promosi konvensional maupun melalui website atau online," tutup Komeng. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL