KPU Pangkalpinang Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen

Tim_Wow    •    Selasa, 29 Januari 2019 | 14:06 WIB
Pilkada
Komisioner KPU Kota Pangkalpinang Divisi SDM dan Parmas, Ruslan.(ist)
Komisioner KPU Kota Pangkalpinang Divisi SDM dan Parmas, Ruslan.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang menargetkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019 mencapai 80 persen. Target tersebut lebih tinggi dibandingkan target nasional yang ada saat ini mencapai  77,5 persen.

Komisioner KPU Kota Pangkalpinang Divisi SDM dan Parmas, Ruslan, kepada wowbabel.com, mengaku optimis mampu mencapai target tersebut . Hal ini berkaca dari hasil dua kali pilkada sebelumnya. Pada Pemilihan Gubernur Babel tahun 2017 angka partisipasi pemilih di Kota Pangkalpinang mencapai 50,35 persen. Sementara itu pada Pemilihan Walikota Pangkalpinang 2018 angkat partisipasi pemilih di Kota Pangkalpinang naik menjadi 61,66 persen.

“Kalau melihat dua kali pilkada tersebut ada kenaikan 11,31 persen.  Jadi kami optimis bisa mencapai angka 80 persen. Sementara itu mata pilih berkisar 135.368, akan  tetapi jumlah ini belum final dan masih dalam perbaikan. Namun jumlahnya tidak akan jauh meleset dari angka itu,” tutur Ruslan.

Dijelaskan Ruslan, untuk mencapai target partisipasi pemilih tersebut pihaknya telah melakukan berbagai upaya , salah satunya melakukan sosialisasi kepada awak media. Diharapkan awak media mampu memberikan informasi terkait tahapan pemilu yang sedang berlangsung serta memberikan gambaran positif tentang Pemilu  Serentak 2019.

“Dengan mengundang insan pers, kita berharap tahap-tahapan yang sedang berlangsung saat ini dapat diinformasikan kepada masyarakat,” ujar Ruslan.

Ruslan menambahkan, ada beberapa tahapan yang saat ini sedang berlangsung yakni tahapan kampanye peserta Pemilu 2019 yang dimulai tanggal 23 September 2018 hingga 17 April 2019 mendatang. Dimana pihaknya melakukan monitoring terhadap tahapan kampanye ini.

Tahapan lain, lanjut Ruslan, sosialisasi pelaksanaan pemilu serta perbaikan daftar pemilih. Pihaknya saat ini sedang memperbaiki Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambangah (DPTb). Ditargetkan daftar pemilih akan kelar apda akhir Maret 2019 mendatang.

“Daftar pemilih akan kita selesaikan hingga akhir Maret 2019 mendatang. Itu untuk di tingkat Kota Pangkalpinang selanjutnya kita serahkan ke KPU Provinsi,” tukas Ruslan.(*)



MEDSOS WOWBABEL