Kabaharkam Mabes Polri Tinjau Pabrik Pengolahan Zirkon

Tim_Wow    •    Kamis, 17 Januari 2019 | 10:54 WIB
Ekonomi
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komisaris Jenderal (Komjen Pol) Moechgiyarto dan rombongan saat meninjau pabrik Zirkon di Kabupaten Bangka. (FN/ wowbabel.com)
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komisaris Jenderal (Komjen Pol) Moechgiyarto dan rombongan saat meninjau pabrik Zirkon di Kabupaten Bangka. (FN/ wowbabel.com)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komisaris Jenderal (Komjen Pol) Moechgiyarto, melakukan peninjauan 2 objek tertentu di Perusahaan Mineral Ikutan PT Dewa Putra Bangka di Jalan Laksamana Malahayati Temberan Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang dan Kawasan Putra Prima Mineral Mandiri yang berlokasi di Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

Peninjauan Kabaharkam ini bersama rombongan didampingi oleh Kapolda Babel Brigjen (Pol) Istiono, Gubernur Erzaldi Rosman dan pejabat utama Polda Babel lainnya, Rabu (16/1/2019). 

"Kita hanya mengecek perusahaan dan sebetulnya yang kami lihat daripada bagaimana sistem manajemen pengamanan yang akan kita lihat disana," kata Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Moechgiyarto kepada sejumlah wartawan seusai meninjau lokasi produksi PT. Dewa Putra Bangka.

Berdasarkan hasil tinjauan ke tempat produksi pengolahan zirkon, Jendral bintang tiga ini mengatakan, ada dua metode produksi yang digunakan, yakni dengan menggunakan metode modern dan tradisional.

"Tadi ada dua hal yang kita lihat, dengan menggunakan metode yang modern yang menggunakan magnetik dan metode tradisional yang menggunakan meja goyang atau meja diayak supaya terpisah pasir zirkonnya dengan zat-zat lainnya," katanya.

Sejauh ini menurutnya, perusahaan tersebut memiliki prospek yang menjanjikan dengan kesungguhan dan semangat, apalagi mendapat dukungan dari Gubernur dan Kapolda Babel.

"Prospeknya pun sangat bagus menurut saya, sepanjang tadi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan semangat, tentunya didukung, makanya Pak Gubernur dan Pak Kapolda juga memberikan support. Insyaallah saya yakin ini akan menjadi lebih baik nantinya," ungkapnya.

Dirinya memberikan beberapa saran kepada pihak perusahaan dalam hal sistem manajemen pengamanan sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

"Saya memberikan saran-saran tentu ada sesuai bidangnya saya tentunya nanti bagaimana sistem manajemen pengamanan yang harus kita terapkan nanti, sehingga betul-betul proyek ini akan benar-benar menjadi proyek yang bermanfaat bagi masyarakat Bangka Belitung," tukasnya.

Sementara itu, Komisaris PT Dewa Putra Bangka, Abdullah mengatakan disela-sela kunjungan Kabaharkam menjelaskan, bahwa pihaknya memiliki 18 meja goyang di perusahaannya yang dioperasikan untuk mengolah mineral ikutan. 

"Seluruhnya berjumlah 40 meja goyang yang dimiliki pabrik zirkon yang pertama kali berdiri di Bangka ini. Nanti Zirkon ini akan diolah untuk membuat anti gores handphone, membuat masker muka juga dan lapis-lapis tahan panas untuk keramik juga kegunaannya, kami juga mengekspor sebanyak 10.000 ton dalam tahun," pungkas Abdullah. (FN/ wowbabel)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE