Sampah Berserakan di Bibir Pantai Asmara

Barly    •    Rabu, 02 Januari 2019 | 12:08 WIB
Video Kite
Sampah berserakan di bibir Pantai Asmara kawasan Tanjung Kalian Muntok.(wb)

WOWMUNTOK – Pantai Asmara di kawasan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat, merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Muntok, Bangka Barat.

Lokasi pantai yang tidak berjauhan dengan menara Tanjung Kalian tersebut kerap di kunjungi warga baik dari Bangka Barat sendiri maupun dari luar daerah.  Ratusan warga berkunjung ke lokasi tersebut, bahkan mencapai ribuan bila pada hari libur nasional.

Di sepanjang bibir Pantai Asmara terdapat sejumlah warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman seperti otak-otak dan kelapa muda.

Namun sayangnya kondisi pantai tidak terawat dengan baik. Sampah bertebaran dimana-mana, apalagi di bibir pantai, mulai dari sisa makanan hingga kulit kelapa muda. Hal itu tentunya sangat mengganggu dan merusak pemandangan.

Benny, salah satu pedagang yang mangkal di lokasi tersebut, mengakui hingga kini belum ada pihak yang menangani soal kebersihan pantai.

“Tidak ada yang mengurus soal kebersihan. Jadi kita masing-masing dengan kesadaran sendiri. Kalau saya habis berjualan, sampahnya langsung dibawa pulang dan dibuang di tempat sampah. Kalau pedagang lain saya tidak tahu,” tutur Benny ketika ditemui wowbabel.com, Senin (31/12/2018) lalu.

Menurut Benny kawasan Pantai Asmara belum dikelola pemda lantaran sebagian besar lahan di sana adalah milik pribadi.

“Lahan pinggir pantai ini sebagian besar milik pribadi. Kalau mau jualan di sini kita minta izin ke pemilik lahan, bukan ke pemda. Jadi memang tidak dikelola pemda,” imbuh Benny.

Benny juga berharap ada pihak tertentu yang mengelola Pantai Asmara sehingga lebih tertata rapi dan baik.

Sementara itu Yati, warga Pangkalpinang, yang berkunjung di pantai tersebut mengaku risih dengan kondisi sampah yang berserakan sepanjang bibir pantai.

“Sebenarnya pantainya lumayan bagus, tapi banyak sampah dan terkesan kumuh. Sangat mengganggu pemandangan,” tukas Yati.

Yati berharap agar pihak terkait bisa melakukan pembenahan terhadap Pantai Asmara lantaran sangat berpotensi menjadi objek wisata di Kota Muntok.

“Sayang kalau tidak dikelola dengan baik, padahal yang berkunjung ke sini cukup banyak,” tukas Yati.(*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL