PMI Basel Lantik 54 Anggota PMR Wira SMAN 1 Toboali

Romy    •    Selasa, 18 Desember 2018 | 23:25 WIB
Lokal
Pelantikan PMR Wira SMAN 1 Toboali di Pantai Tanjung Kerasak.(wb)
Pelantikan PMR Wira SMAN 1 Toboali di Pantai Tanjung Kerasak.(wb)

WOWTOBOALI -- Palang Merah Indonesia (PMI) Bangka Selatan melantik 54 siswa/siswi SMA Negeri 1 Toboali menjadi Palang Merah Remaja (PMR) di  Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih Kecamatan  Tukak Sadai, Minggu (16/12/18) lalu.

Ketua PMI Bangka Selatan, MM Iskandar mengatakan PMR merupakan ekstrakulikuler sekolah yang dimiliki oleh SMAN I Toboali, selain OSIS, Pramuka, Paskib. PMR Wira SMAN I Toboali ini sudah meraih berbagai prestasi, antara lain Juara I Jumbara Nasional ke VIII di Kota Makasar 2016.

“Program kerjanya  sosialisasi keberadaan PMR di sekolah, lalu rekrutmen menjadi orientasi. Kemudian pelantikan siswa baru menjadi anggota aktif PMR. Sedangkan eskul PMR hanya boleh diikuti satu eskul saja selain pramuka,” terang MM Iskandar.

PMR mengikuti eskul ini setiap hari Jumat dari pukul 14.00 WIB hingga 16.30 WIB. Ada tujuh materi pembelajaran yang berbeda ilmunya dengan ilmu pembelajaran sekolah. Materi PMR antara lain mengenal dasar gerakan, relawan masa depan, mengenal donor darah, remaja sehat peduli sesama, pertolongan pertama, pendidikan remaja sebaya, dan ayo siaga bencana, yang dilatih oleh pelatih nasional.

“Program kerjanya selain mendapat materi, anak PMR terjun langsung ke masyarakat sekitar seperti gotong-royong membersih pantai, penggalangan dana untuk bencana alam maupun bencana kemanusiaan seperti gempa dan bencana sosial di masyarakat, membantu masyarakat yang terdampak bencana puting beliung, rumah terbakar, membantu teman sebaya yang tertimpa musibah dan lain sebagainya,” terang Iskandar.

Iskandar berharap sarana dan prasarana untuk kebutuhan PMR Wira segera dipenuhi dan tidak bergantung pada PMI Bangka Selatan.

“PMR Wira SMAN 1 Toboali sangat eksis lantaran didukung penuh oleh kepala sekolah, yakni Pak Aspandi,” tukas Iskandar.(rom)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE