Unpad Siap Bantu Petani Lada Beltim

Jurnalis_Warga    •    Rabu, 05 Desember 2018 | 14:11 WIB
Lokal
Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Masyarakat, Kerjasama dan Korporasi Akademik Universitas Padjajaran (Unpad) Dr. Keri Lestari Dandan.(ist)
Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Masyarakat, Kerjasama dan Korporasi Akademik Universitas Padjajaran (Unpad) Dr. Keri Lestari Dandan.(ist)

WOWMANGGAR -- Universitas Padjajaran Bandung menyatakan siap membantu segala permasalahan yang dihadapi oleh para petani lada di Kabupaten Belitung Timur. Termasuk di dalamnya, memetakan potensi keunggulan, solusi masalah penyakit, standarisasi produk, hingga menjaga kestabilan harga di pasaran. 

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Masyarakat, Kerjasama dan Korporasi Akademik Universitas Padjajaran (Unpad) Dr. Keri Lestari Dandan menekankan kesepahaman tentang revitalisasi produk lada perlu dilakukan sebelum menentukan langkah-langkah apa yang akan diambil. Para peneliti dari kampusnya akan turun dulu melihat potensi dan permasalahan yang dihadapi petani di lapangan. 

Pernyataan itu dilontarkan Keri seusai menjawab permintaan Bupati Beltim, Yuslih Ihza agar Unpad dapat membantu penyelesaian masalah di bidang pertanian lada yang tengah dihadapi petani di Kabupaten Beltim. Yuslih prihatin dengan ketidakstabilan harga di tingkat petani lada.

Sebelumnya Pemkab Beltim dan Unpad sepakat untuk saling bekerjasama dalam rangka pengembangan sektor pariwisata, pertanian, perikanan dan peningkatan SDM di Kabupaten Beltim. Awal kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Bupati Beltim, Yuslih Ihza dan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad di ruang pertemuan rektorat Unpad, Senin (3/12). 

"Rencananya dari UNPAD kita akan lihat dulu, potensinya bagaimana dan permasalahannya seperti apa. Intinya produk lada asal Kabupaten Be



1   2