Dua Kabupaten di Babel Rawan Stunting

Tim_Wow    •    Sabtu, 10 November 2018 | 10:34 WIB
Lokal
DiDiskusi dan Curah Pendapat Tentang Gambaran Stunting di Babel, Jumat (9/11/2018) di Ruang Romodong Kantor Gubernur Bangka Belitung.(wowbabel.com)
DiDiskusi dan Curah Pendapat Tentang Gambaran Stunting di Babel, Jumat (9/11/2018) di Ruang Romodong Kantor Gubernur Bangka Belitung.(wowbabel.com)

WOWPANGKALPINANG – Dua kabupaten di Provinsi Bangka Belitung yakni Kabupaten  Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Induk ternyata rawan stunting atau masalah gizi pada balita.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah dalam Diskusi dan Curah Pendapat Tentang Gambaran Stunting di Babel, Jumat (9/11/2018) di Ruang Romodong Kantor Gubernur Bangka Belitung.

Menurut Abdul Fatah, Pemprov Babel terlah berupaya untuk mengatasi persoalan stunting dengan membentuk tim pengarah dan tim teknis. Bahkan timnya sudah beberapa kali menggelar pertemuan dengan Pemkab Bangka Barat untuk membahas persoalan stunting tersebut.

“Kesepakatan antara gubernur dengan bupati atau walikota dibidang kesehatan maupun teknis diluar bidang kesehatan, untuk pencegahan dan pengendalian masalah stunting ini. Nantinya dilakukan di setiap lintas Sektor sesuai dengan kewenangannya,” kata Abdul Fatah.

Sementara itu Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes RI, Doddy Izwardy mengatakan, pentingnya masalah penanggulangan dan program stunting ini, sehingga Presiden RI Joko Widodo turun langsung mengadakan beberapa kali rapat terbatas membahasnya. Sehingga  menghasilkan konvergensi Intervensi spesifik dan sensitif, melibatkan hampir seluruh kementerian, dengan Kementerian Dalam Negeri sebagai Koordinator Konvergensi Program dan Kementerian PPN/Bappenas.

"Terselesaikannya masalah stunting ini diharapkan akan tercapai tumbuh kembang anak yang maksimal, kesejahteraan masyarakat bisa terwujud, sehingga terjadi peningkatan daya saing dan mengurangi kesenjangan," tutur Doddy.

Turut hadir dalam pertemuan ini Kepala Dinas Kesehatan Babel Mulyono, Kepala Perwakilan BPKP Babel Faizal, serta beberapa kepala dinas di lingkungan Pemprov Babel.(hen)



MEDSOS WOWBABEL