Menaker Berjanji Kawal Hak-hak Pekerja Korban Jatuhnya Lion Air JT610

Endi    •    Sabtu, 03 November 2018 | 20:06 WIB
Ekonomi
Menakertrans berdoa untuk para korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di kediaman Dolar. (Wowbabel)
Menakertrans berdoa untuk para korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di kediaman Dolar. (Wowbabel)

WOWPANGKALPINANG - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Hanif Dhakiri, berjanji akan mengawal penuh hak-hak pekerja yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin 29 Oktober lalu.

Saat ini diakui menaker, pihaknya sedang menginventarisir hubungan industrial antara para korban yang berstatus pekerja dengan perusahaan tempat korban bekerja.

Hal ini disampaikan menaker saat mengunjungi rumah Dolar, salah satu politisi Partai Kebangkitan Bangsa  (PKB), sekaligus anggota DPRD Bangka Belitung yang turut menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

"Dari Kementerian memang sedang mengecek status hubungan tenaga kerja dari para korban kecelakaan pesawat ini. Kita akan lihat dimana yang memiliki hubungan tenaga kerja mana yang tidak," kata Hanif, Sabtu (3/11/2018).

Terkait hak-hak para pekerja yang menjadi korban dalam peristiwa nahas tersebut, Menaker menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisir data-data dan status pekerja korban, serta perusahaan yang menaunginya bekerja untuk memastikan agar para pekerja yang menjadi korban mendapatkan hak-haknya sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kalau mereka yang berstatus tenaga kerja tentunya mereka harus mendapat pesangon, uang penghargaan masa kerja dan sejumlah hak lainnya seperti yang sudah diatur di dalam undang-undang tenaga kerja. Bersama kita akan cek agar hak-hak mereka diberikan," ungkapnya.

Dalam kunjungannya kali ini, selain menyampaikan bela sungkawa dan memberikan santunan bagi keluarga yang ditinggalkan, Menaker juga sempat memberikan nasehat kepada putra-putri korban dan berpesan agar mereka rajin belajar dan meneruskan perjuangan ayah mereka yang telah dahulu berpulang ke Rahmatullah.

Dalam kesempatan itu pula manaker juga menyampaikan rasa duka bagi seluruh keluarga korban dan berharap agar keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.

"Terutama kita mengucapkan duka yang mendalam kepada keluarga korban almarhum Dolar, kita mendoakan semoga para korban ini mendapat tempat di sisi Allah, keluarga yang ditinggalkan mendapat kesabaran dan kekuatan batin," tukasnya. (Dag)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE