APIP Diharapkan Mampu Cegah Korupsi di Daerah

Tim_Wow    •    Selasa, 30 Oktober 2018 | 14:39 WIB
Lokal
Para peserta workshop APIP berfoto bersama dengan nara sumber dan panitia.(hen)
Para peserta workshop APIP berfoto bersama dengan nara sumber dan panitia.(hen)

WOWPANGKALPINANG – Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) harus didorong untuk mencegah terjadinya korupsi di daerahnya masing-masing, terutama wilayah pertambangan.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Bangka Belitung, Faisal, dalam acara workshop Peningkatan Kafabilitas APIP di lingkungan Pemprov Bangka Belitung, Senin (29/10/2018) di Ruangan Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Bangka Belitung.

“Peran aktif kita dalam kafabilitas APIP ini untuk menjamin tujuan kegiatan secara efektif dan efesien untuk menghindari malpraktik tata kelola dan risiko penyimpangan,” tutur Faisal.

Selain itu Faisal juga mengingatkan inspektorat untuk dapat menjalankan peran quality assurance atau penjamin mutu atas tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga diharapkan dapat menurunkan tindak pidana korupsi.

Sebelumnya saat pembukaan acara Wakil Gubernur Bangka Belitung,  Abdul Fatah, mengingatkan agar APIP melakukan pengawasan secara totalitas, yakni tidak cukup melihat dari sisi pengawasan operasional saja, tapi harus diawali dari tataran dasar penyusunan, perencanaan dan memeriksa penyelenggaraannya.

“Tak lupa sampai kemudian monitoring dan evaluasi secara kredibel,” kata Abdul Fatah.

Workshop ini dilaksanakan sebagai amanat untuk meningkatkan kafabilitas APIP yang digelar Pemprov Bangka Belitung bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta LKPP Provinsi Bangka Belitung.

Para peserta workshop juga dibekali materi Pengadaan Barang dan Jasa oleh Direktaur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah LKPP. Sebagaimana meningkatkan kemampuan deteksi dini guna mengenali hal-hal apa saja yang berpotensi menjadi sumber masalah di kemudian hari dan memingkatkan kemapuan dalam mecari solusi.

Turut hadir dalam acara ini, Kasatgas Wilayah I Korsupgah KPK bersama Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung.(hen)

Halaman