Formasi Sepi Peminat, Pelamar Belum Tentu Lulus

Kepala BKPSDM Beltim, Yuspian. (Fauzi Akbar/ Diskominfo Beltim)
Kepala BKPSDM Beltim, Yuspian. (Fauzi Akbar/ Diskominfo Beltim)

WOWBELTIM - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Timur, Yuspian menyatakan sebanyak 20 formasi hanya diikuti oleh pelamar dengan sesuai dengan jumlah formasi.

Namun meski tak ada saingan, ditekankannya tidak menjamin pelamar pasti lulus.

Formasi-formasi itu seluruhnya berasal dari tenaga pendidik dan medis. Jumlah pelamar yang daftar pun sama dengan jumlah formasi yang tersedia.   

“Belum pasti lulus, jangankan yang sedikit yang banyak saja belum pasti. Tetap harus berjuang melampaui passing grade,” kata Yuspian, Kamis (18/10/2018).

Passing Grade atau Nilai Ambang Batas ditetapkan untuk Seleksi Kompentesi Dasar (SKD) tahun 2018 Formasi Pelamar Umum, yakni 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 75 untuk Wawasan Kebangsaan.

Nilai ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2018.

“Nilainya sama untuk seluruh pelamar formasi umum. Kalau mereka tidak lulus passing grade, maka kami akan kehilangan formasi,” terang Yuspian.

Menurut Mantan Camat Kelapa Kampit itu SKD merupakan seleksi yang terberat. Mengingat jika hanya SeleksiKompetensi Bidang mayoritas pelamar sudah banyak mengusai.

“SKD ini seleksi awal atau tahap pertama, pelamar harus berjuang supaya masuk peringkat 3 kali formasi. Kalau formasinya ada dua, pelamar harus menjadi 6 terbaik, kalau satu berarti peringat 3 terbaik,” jelas Yuspian.

 Yuspian berpesan agar pelamar dapat memperhatikan dengan cermat materi-materi yang akan diujikan karena yang menentukan kelulusan lebih banyak di SKD. 

Ia mempersilahkan pelamar untuk mengunduh aplikasi-aplikasi simulasi tes CPNS yang ada di internet.

"Soalnya gak jauh beda di aplikasi di situ. Silahkan persiapkan diri dulu untuk SKD, karena itu yang menentukan kelulusan nantinya,” ujarnya. (FA/DB)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL