Menantikan Gerak Cepat Perguruan Tinggi Respons Perubahan Global

Tim_Wow    •    Kamis, 11 Oktober 2018 | 00:47 WIB
Nasional
Presiden dan pimpinan sejumlah perguruan tinggi di lingkungan Kemenristek Dikti. (*/Setpres)
Presiden dan pimpinan sejumlah perguruan tinggi di lingkungan Kemenristek Dikti. (*/Setpres)

WOWNASIONAL - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa implikasi besar dalam berbagai sendi kehidupan. Di balik perkembangan itu, tantangan dan permasalahan di masyarakat juga turut berubah. Hal itu menimbulkan konsekuensi tuntutan bagi kita untuk selalu dinamis, tak terkecuali dengan perguruan tinggi.

Saat melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan perguruan tinggi negeri dan para pejabat di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Istana Negara, Presiden Joko Widodo menyebut bahwa perguruan tinggi harus bersegera merespons segala perkembangan itu.

"Yang pasti harus direspons secara berbeda oleh perguruan tinggi. Jangan kita terjebak pada zona nyaman yang tahu ada perubahan tapi tidak cepat merespons dari perubahan-perubahan yang ada," ujarnya pada Rabu, 10 Oktober 2018.

Melihat ke belakang, sebenarnya sudah sejak lama Presiden menyerukan agar dunia perguruan tinggi beradaptasi dengan perubahan yang ada. Di antaranya ialah soal penyesuaian program studi yang ditawarkan perguruan tinggi di Indonesia yang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Sangat mengherankan jika zaman sudah berubah tapi fakultas dan program studi tidak banyak berubah. Ini sudah 3 tahun saya ulang-ulang. Saya tunggu sebelum saya mengeluarkan kebijakan yang drastis. Saya tunggu Bapak/Ibu (pimpinan perguruan tinggi) sekalian untuk merespons ini," kata Presiden.

Kepala Negara sangat mengharapkan perguruan tinggi menjadi pionir



1   2      3