Berani Jual Tiket Pesawat Mahal, Izin Rute Perbangan Terancam Dicabut

Endi    •    Selasa, 12 Juni 2018 | 13:08 WIB
Ekonomi
Sidak (inspeksi mendadak) arus mudik di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Senin (11/6/2018). (wow babel)
Sidak (inspeksi mendadak) arus mudik di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Senin (11/6/2018). (wow babel)

WOWPANGKALPINANG - Pemerintah menegaskan akan menindak tegas maskapai yang menerapkan harga tiket pesawat melampaui batas atas dan batas bawah. 

Sanksi terberat yang akan diterima maskapai nakal, berupa pencabutan ijin rute, apabila pelanggaran tersebut terjadi berulang kali.

Saat menggelar sidak (inspeksi mendadak) ke Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Senin (11/6/2018), Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, mengaku telah mendapat keluhan dari banyak pihak, tentang adanya praktik penjualan tiket pesawat yang melampaui batas atas.

"Banyak sekali laporan masyarakat terkiat harga tiket yang sudah diatas batas atas. Kita minta Air Land jangan sembarang mereka menaikkan harga, tanpa mengikuti aturan dari pemerintah yang sudah ada," kata Erzaldi.

Dirinya mengaku telah memanggil seluruh perwakilan maskapai yang beroperasi di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, untuk mengkonfirmasi aduan warga tersebut.

Gubernur bahkan telah memberikan peringatan kepada pihak maskapai, untuk tidak coba-coba mengambil keuntungan secara berlebihan pada momen mudik lebaran, karena ada sanksi yang dapat dikenakan kepada maskapai nakal yang nekat melanggar aturan batas atas yang telah ditetapkan Kementerian Perhubungan.

"Kalau melanggar kita ambil tindakan, cuma tindakan ini tidak bisa sendiri, kita akan lapor ke Pusat. Secara preventif kita sampaikan kepada mereka agen disini untuk disampaikan ke Pusat," jelasnya.

Sementara itu, GM Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Chuanda, mengakui telah berkoordinasi dengan sejumlah air land yang ada di Bandara Depati Amir, guna mengantisipasi pelanggaran penjulan harga tiket.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pimpinan beberapa air land yang ada di Bandara Depati Amir, kami menyampaikan teguran lisan atau pun imbuan agar tetep memnuhi batas atas dan batas bawah harga tiket yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan nanti semua iar land dapat bersurat resmi kepada Angkasa Pura dan juga Dishub dengan tindak lanjut hasil pertemuan itu," jelasnya.

Terpisah, pihak Otoritas Bandara Wilayah IV Padang, yang menaungi Bandara Depati Amir Pangkalpinang, mengaku telah menerjunkan petugas baik berseragam maupun tidak berseragam, serta melakukan pemantauan pada agen-agen tiket online, guna memastikan tidak adanya praktik penjualan tiket yang melampaui batas atas dan batas bawah, karena dapat dikenai sanksi hingga pembekuan ijin rute.

"Sanksi paling ringan administrasi, paling beratnya kalau memang terbukti, izin rutenya akan dicabut," tukas, Suparlan selaku Kasie Keamanan Angkutan Udara Otoritas Bandara Wilayah IV Padang.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL