Barcelona Juara La Liga, Iniesta 'Out'

Tim Wow    •    Senin, 30 April 2018 | 11:32 WIB
Sport
Kapten FC Barcelona, Andrea Iniesta mengakhiri karirnya di Barcelona usai memastikan gelar La Liga musim 2018. (fcbarcelona.com)
Kapten FC Barcelona, Andrea Iniesta mengakhiri karirnya di Barcelona usai memastikan gelar La Liga musim 2018. (fcbarcelona.com)

WOWBOLA - Barcelona berhasil memenangkan LaLiga untuk ke-25 kalinya dalam sejarah mereka setelah mengalahkan Deportivo La Coruna 4-2 pada hari Minggu (29/4/2018). Messi bahkan menorehkan hat-trick pada laga tersebut ditambah gol Philippe Coutinho.

The Catalans memuncaki klasemen La Liga musim ini dengan torehan poin 96 dan tak mampu terkejar oleh peringkat kedua Atletico Madrid yang membukukan 75 poin.

Hasil ini membuat Azulgrana meraih piala La Liga dan Copa del Rey di musim pertama Ernesto Valverde yang mampu membuktikan karir kepelatihannya selama delapan bulan terakhir.

Agustus lalu, Barca kalah 5-1 atas rival abadi mereka Real Madrid - yang menang di Spanyol dan Eropa musim lalu - di Supercopa de Espana dan telah melihat salah satu dari triumvirat MSN mereka berangkat menyusul penjualan Neymar yang menguntungkan ke Paris Saint- Germain.

Andres Iniesta juga akan meninggalkan Camp Nou dengan kemenangan LaLiga kesembilannya setelah membela klub selama 22 tahun.

Valverde mengatakan, fokus tim sekarang adalah menyelesaikan 4 pertandingan sisa melawan Real Madrid 7 Mei 2018, Villareal di 10 Mei 2018, Levante pada 13 Mei 2018 dan di penghujung pertandingan pada 20 Mei 2018 menghadapi tamu Real Sociedad.

Bek senior Barca, Jordi Alba menyarankan rival sengit mereka Real Madrid harus mengakui bahwa timnya sudah memastikan juara Spanyol. Barcelona meraih gelar LaLiga ke-25 dan ketujuh dalam 10 musim berkat kemenangan 4-2 di Deportivo La Coruna pada hari Minggu.

Perhatian pasca pertandingan melawan La Coruna ada di partai El Clasico di Camp Nou, setelah pelatih kepala Zinedine Zidane sebelumnya mengatakan Los Blancos tidak akan memberi ‘ampun’ kepada Barca.

"Ini bukan keputusan yang kami ambil, semua orang menghormati mereka yang ingin," kata Alba kepada wartawan Spanyol dilansir Soccerway.

Sementara, Bintang Barcelona, ??Lionel Messi yakin timnya "sangat superior" untuk semua saingan mereka dalam perjalanan ke LaLiga.

Pemain Timnas Argentina itu merasa timnya, yang tetap tak terkalahkan di LaLiga musim ini, pantas menjadi juara.

"Kami sangat superior dibanding saingan lainnya," kata Messi kepada Movistar.

"Kami tidak kalah dalam pertandingan, hanya satu di Copa [del Rey] dan, sayangnya, Liga Champions, yang tidak terduga," imbuh Messi.

Terkait kepergian Iniesta, Messi mengatakan dia akan senang melihat Iniesta pergi dengan treble, tetapi Barca terlebih dahulu kalah di perempat final Liga Champions oleh Roma.

"Kami menyesal di Liga Champions bahwa dia (Iniesta) tidak bisa pergi dengan treble," katanya.

"Tapi saya pikir dia berjalan dengan cara yang mengesankan, dua kali lipat lebih dari layak untuk dia dan untuk semua yang dia berikan kepada klub. Semoga dia yang terbaik," ujar Messi.

Iniesta 'Out'

Andres Iniesta berharap dirinya masih bis abertahan di Barcelona, namun dia terpaksa membuat keputusan "paling jujur" untuk memutuskan pergi setelah merayakan gelar LaLiga kesembilan.

Kapten Barca Iniesta mengakhiri karir 22 tahun di Barca. Iniesta ketika berbicara dengan Movistar setelah pertandingan melawan Deportivo, mengatakan: "Saya membuat keputusan yang paling jujur ??untuk saya dan untuk klub saya. Saya ingin mengakhiri dengan perasaan yang baik, kemudian pergi ke Piala Dunia dan sekarang ke petualangan lainnya”.

"Aku berharap ini selamanya (di Barcelona). Akulah yang pertama yang ingin ini tidak berakhir tetapi semua ini memiliki awal dan akhir."

Pengumuman perginya Iniesta ini mendapat penghargaan di seluruh dunia sepakbol, termasuk dari legenda Real Madrid Sergio Ramos, Iker Casillas dan Zinedine Zidane.

"Dua hingga tiga kali, saya berhadapan dengannya. Satu hal yang sangat saya ingat darinya adalah, kharisma luar biasa miliknya. Dia pemain yang spesial, bisa melakukan segalanya di atas lapangan," puji pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, dilansir Marca.

Pada masa aktifnya, Zidane memiliki gaya main yang sama dengan Iniesta. Momen Barca kehilangan Iniesta, sebenarnya bukan jadi duka untuk klubnya saja.

"Pemain yang luar biasa, namun tetap rendah hati. Saya bukan bicarakan Iniesta sebagai pemain Barca. Tapi, pesepakbola luar biasa yang saya kagumi. Ini masa yang sulit dalam dunia sepakbola, melihat pemain sepertinya meninggalkan kita," terang Zidane.

"Mereka benar-benar sensasi yang tak terlukiskan pada tingkat pribadi dan sebagai seorang atlet," ungkap Iniesta.

"Tidak ada kata-kata ketika kamu mendapatkan begitu banyak cinta dari orang-orang. Dan lebih banyak lagi dalam situasi sulit seperti ini. Ucapan terima kasih kepada orang-orang itu." (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL