Pangkalpinang Masuk Program Perluasan BPNT 2018

Anjar Sujatmiko    •    Rabu, 21 Maret 2018 | 10:10 WIB
Nasional
ilustrasi
ilustrasi

WOWNASIONAL  - Pemerintah akan memperluas program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada tahun ini hingga mencapai target 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk tahap awal, perluasan BPNT direncanakan akan dilaksanakan di 24 Kabupaten/Kota.

Dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) Persiapan Perluasan BPNT 2018, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menginstruksikan agar Kementerian Sosial segera mengejar target 10 juta KPM hingga akhir tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menjelaskan perluasan wilayah BPNT  menyasar pada 24 Kabupaten/ Kota pada tahap awal. Yakni, Kota Banda Aceh, Kota Solok, Kota Bengkulu, Kota Metro, Kota Pangkalpinang, Kota Tanjungpinang, Sukabumi, Bandung, Garut, Cirebon, Indramayu, Subang, Karawang, Boyolali, Bantul, Gunungkidul, Sleman, Malang, Banyuwangi, Sidoarjo, Mojokerto, Tangerang, Tabalong dan Kota Tarakan.

Ke 24 Kabupaten/ Kota ini telah siap melaksanakan BPNT karena sudah selesai verifikasi data, kesiapan bank penyalur dan telah memenuhi jumlah e-warong yang diperlukan. Perluasan BPNT tersebut didorong oleh survey Bill and Melinda Gates Foundation yang menyebutkan sebanyak 90% KPM puas dengan perluasan BPNT.

“Pemerintah tengah mempertimbangkan dan mengkaji terkait waktu perluasan BPNT tersebut,” ujar Menko Puan. Dikutip dari website resmi 2      3