Ratusan Warga Sholat Gerhana di Daarul Mahabbah

Endi    •    Kamis, 01 Februari 2018 | 04:45 WIB
Lokal
Warga mendengarkan ceramah usai sholat sunnah gerhana di Ponpes Daarul Mahabbah.(dag)
Warga mendengarkan ceramah usai sholat sunnah gerhana di Ponpes Daarul Mahabbah.(dag)

WOWPANGKALPINANG -- Pada 31 Januari 2018 sebagai tanggal yang istimewa yakni terjadinya fenomena alam semesta, peristiwa Gerhana Bulan Total (GBT). Moment tersebut dimanfaatkan masyarakat dan para santri di Pondok Pesantren Daarul Mahabbah, Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana.

Imam dan Khotib Ustadz Dede Purnama, Lc mengatakan, malam ini Allah SWT menunjukkan kekuasaan-Nya dan keagungan Allah, bahwa hanya Allah mampu berkehendak dan menjadikan kejadian baik di langit, di bumi serta dunia dan akhirat.

"Maka itu kita harus beribadah untuk sholat sunnah gerhana bulan. Yang mana sholat tersebut dilakukan dengan dua rakaat yakni dengan dua kali ruku, dua kali sujud dan rakaat pertama membaca ayat suci Alquran yang panjang," ujarnya di Pondok Pesantren Daarul Mahabbah, Rabu (31/1/2018).

Dia menjelaskan, ketika gerhana terjadi maka bersegeralah shalat gerhana. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana bukanlah sebab kematian atau pun kelahiran seseorang.

"Maka apabila kalian melihat gerhana, berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah [HR. Al-Bukhari: 1044]. Namun ia bisa berdoa, bertakbir maupun bersedekah. Bila tak mampu melakukan seluruh amal shalih yang ada, jangan tinggalkan sebagian yang kita bisa," kata Dede.

Sementara itu Arsan (28) warga Kota Pangkalpinang ikut serta dalam kegiatan sholat sunnah gerhana bulan. Dia menyampaikan bahwa dirinya datang ke Pondok Pesantren Daarul Mahabbah untuk menyaksikan langsung sholat sunnah gerhana dan tausiah.

"Iya tadi datang sama-sama teman, Slhamdulillah tadi sempat melihat penampakan gerhana bulan di sini. Ini sebagai tanda kekuasaan Allah, terjadinya perubahan alam semesta khususnya pada gerhana bulan," tuturnya.

Dirinya pun menyatakan, jika kegiatan sholat sunnah gerhana dilakukan dengan kusyuk.

"Sholatnya gerhana tadi kusyuk, dan isi khotibnya juga menjelaskan bahwa gerhana bulan total ini suatu tanda kekuasaan dan kehendak dari Allah SWT," tukasnya.(atm)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE