Bocah 9 Tahun di Bangka Belitung Alami Gizi Buruk

Endi    •    Minggu, 28 Januari 2018 | 16:54 WIB
Viral
Ilham Rohim menjalani perawatan intensif di RSDU Bangka Tengah. (yanto/wowbabel)
Ilham Rohim menjalani perawatan intensif di RSDU Bangka Tengah. (yanto/wowbabel)

WOWVIRAL - Seorang bocah berusia sembilan tahun DI Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, didiagnosa mengidap gizi buruk.

Mulanya, Ilham Rohim, putra dari pasangan Sei Umar Hamzah (45) dan Darmilah Wati (42) ini, menderita gizi buruk selama berbulan-bulan, belum pernah mendapat perawatan medis, lantaran kedua orang tuanya enggan untuk membawa anaknya berobat.

Ironisnya, orang tua bocah malang ini terkesan menelantarkan anaknya dan dikenal jarang bergaul dengan tetangga di sekitar tempat tinggalnya.

Beruntung, warga di sekitar tempatnya tinggal cepat mengetahui jika Ilham menderita gizi buruk dan segera membawanya ke puskesmas terdekat untuk dirawat secara medis. 

Oleh pihak puskesmas, anak ini kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah. Dengan biaya dari swadaya masyarat, kini Ilham telah menjalani masa perawatan selama empat hari.

Setelah didiagnosa dokter, penyakit lain seperti TBC turut mengerogoti tubuh mungil Ilham, hingga berat badannya menjadi tak ideal untuk anak seumurannya yakni hanya 15 kilogram.

"Dari dokter spesialisnya bilang memang pasen (Ilham-red) mengalami gizi buruk, karena kami punya perhitungan sendiri untuk mengukur kadar gizi seseorang," kata Asisten Dokter Spesialis anak RSUD Bangka Tengah, dr. Suminda, Sabtu (27/1/2018).

Saat ini dokter dari RSUD Bangka Tengah, masih melakukan perawatan terhadap Ilham.

"Penyebab ia sampai kena gizi buruk kami masih cari tau, karena dia datang dengan keluhan menceret selama satu bulan, sama muntah selama satu bulan. Sampai saat ini kami masih survei bagaimana kronologisnya, kenapa sampai kena gizi buruk," jelasnya.



MEDSOS WOWBABEL