Jamur Termahal se-Indonesia Ada di Namang

Bayu_Hardianto    •    Senin, 22 Januari 2018 | 20:54 WIB
Travel
Jamur Pelawan yang sudah dikeringkan.(ist)
Jamur Pelawan yang sudah dikeringkan.(ist)

WOWKULINER -- Jamur unik ini perlu usaha ekstra agar dapat tumbuh subur, harus menunggu waktu kemarau sekitar bulan September sampai Oktober, kemudian hujan sekitar satu minggu. Masyarakat lokal Desa Namang Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, malah percaya kalau ada petir, baru jamurnya tumbuh. Tidak semua pohon pelawan bisa ditumbuhi jamur ini. Tapi hanya pohon yang ada di Pulau Bangka.

Kulat pelawan atau jamur pelawan  ini berwarna merah marun dengan ukuran hampir sebesar telapak tangan. Jamur pelawan ini merupakan yang termahal se-Indonesia karena harganya mencapai Rp 1,3 juta sampai Rp 2 juta per kilogram untuk jamur kering.

Jamur pelawan sebenarnya bisa diolah jadi apa saja. Namun karena harganya sangat tinggi, jamur perlu diracik menjadi sesuatu yang istimewa. Biasanya jamur ini dimasak gulai atau sup, Jamur pelawan menjadi salah satu menu makanan yang disuguhkan dalam tradisi Makan Bedulang khas Desa Namang Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah, wisatawan bisa mencicipi nasi bedulang berisi enam lauk untuk empat hingga lima orang dengan harga Rp 300 ribu.

Penasaran pengen coba? Yuk datang bareng keluarga ke Desa Namang  Kecamatan Namang.  Biar tau nikmatnya kulat pelawan khas Bangka Belitung.(*/bay)