Siap Liburan Akhir Tahun...! Jangan Lakukan Hal Ini

Barly    •    Minggu, 24 Desember 2017 | 19:46 WIB
Travel
Ilustrasi tiket pesawat.(net)
Ilustrasi tiket pesawat.(net)

WOWTRAVEL -- Pesawat terbang masih jadi pilihan transportasi favorit untuk liburan akhir tahun. Selain lebih cepat, perjalanan juga jadi lebih nyaman dan ekslusif.

JAda kala penumpang mengunggah tiket penerbangan ke medsos. Ketika ingin berpergian liburan. Hal ini menimbulkan celah bagi peretas untuk menyusup ke data pribadi.

Setiap tiket memiliki kode booking yang tercetak dan tercatat dalam Global Distributed Systems (GDS) kode enam digit angka ini dipakai sebagai kode booking, yang biasanya tercetak di tiket dan kertas penanda barang bawaan.

Karstein Nohl dan Nemanja Nikodejevic, peneliti dari perusahaan keamanan cyber Security Research Lab menungkapkan 90% penerbangan di dunia menggunakan sistem milik Amadeus, Sabre, dan Travelport. Semua GDS dibuat dari sistem lama yang banyak dipakai pada era 70-an dan 80-an. Sistem lama itu tidak perbaharui lagi. Peretas cukup mencatat kode enam digit GDS untuk menemukan data pribadi penumpang, seperti nomor kartu kredit, telepon, alamat, nama lengkap yang tersimpan di GDS.

Yang lebih parah Peretas juga bisa mengubah jadwal penerbangan tanpa diketahui atau membatalkan dan menukarnya dengan hal lain. Nohl dan Nikodejevic sistem GDS dan situs milik maskapai penerbangan biasanya tidak memiliki lapisan keamanan yang kuat.

Akses menuju informasi pribadi penumpang bisa dilakukan dengan mudah. Sebenarnya enggak cuman motret, kamu juga jangan sembarangan membuat kertas booking tiket tersebut karena juga berpotensi disalahgunakan pihak tidak bertanggung jawab.(*/bay)

Halaman


Topik