Merasa Fotocopi KTP Disalahgunakan, Kurnia Lapor Panwaslu

Anjar Sujatmiko    •    Kamis, 21 Desember 2017 | 19:04 WIB
Pilkada
Komisioner Panswalu Kota Pangkalpinang Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Novrian Saputra.(atm)
Komisioner Panswalu Kota Pangkalpinang Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Novrian Saputra.(atm)

WOWPANGKALPINANG -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pangkalpinang telah menerima laporan pengaduan dari Ahmad Kurnia, terkait dugaan tindak pidana pelanggaran dilakukan pasangan bakal calon perseorangan Rinaldi Abdullah-Sarjulianto.

"Semalam Pak Ahmad Kurnia didampingi oleh kuasa hukumnya mendatangi Panwaslu untuk melaporkan secara resmi adanya dugaan tindak pidana pelanggaran tahapan Pilkada yang dilakukan oleh pasangan bakal calon perseorangan," ujar Komisioner Panswalu Kota Pangkalpinang Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Novrian Saputra, Kamis (21/12/2017).

Menurutnya berdasarkan data formil dan materil yang di miliki pihak pelapor maka laporan ini bisa diteruskan untuk ditindaklanjuti.

"Secara formil dan materil ini masuk, karena mencakup ada pelapor, ada yang dilaporkan, serta uraian kejadian ada seperti bukti dan ada saksi," kata Novrian.

Lebih lanjut Novrian menerangkan jika melihat dari laporan yang dibuat oleh Ahmad Kurnia. Ada Indikasi pemalsuan daftar dukungan calon perseorangan.

"Indikasi 185a, pemalsuan daftar dukungan calon perseorangan. Yang bersangkutan merasa ada di dalam tersebut dan beliau membawa bukti ini untuk melaporkan Panwaslu. Kuasa hukum beserta dua saksi," ungkap Novrian.

Ditambahkan Novrian, proses ini pun akan masuk ke ranah Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) karena telah masuk ranah tindak pidana. Pihaknya berencana akan segera menggelar rapat pembahasan pertama, ini



1   2