Lega, Parpol Lama Tidak Difaktualkan

Abeng    •    Kamis, 14 Desember 2017 | 12:33 WIB
Pilkada
Bimbingan Teknis, Verifikasi dan Penetapan Parpol pada Pemilu 2019. (Albana/ Wow Babel)
Bimbingan Teknis, Verifikasi dan Penetapan Parpol pada Pemilu 2019. (Albana/ Wow Babel)

WOWPILKADA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih menunggu hasil verifikasi administrasi syarat partai politik peserta Pemilu 2019.

Hari ini, Kamis (14/12/2017), hasil verifikasi administrasi akan disampaikan KPU RI, selanjutnya KPU provinsi dan kabupaten/kota akan melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik yang lolos verifikasi administrasi.

Yang membuat lega, sesuai aturan, bagi partai politik peserta Pemilu 2014 tidak lagi difaktualkan.

"Kami menunggu hasil verifikasi administrasi dari KPU RI, karena kewenangan memutuskan partai yang memenuhi syarat atau tidak di KPU RI. Hanya saja, sesuai norma, partai politik peserta Pemilu 2014 yang lolos ambang batas tidak difaktualkan lagi, cuma menyiapkan berkas administrasi kepengurusan partai tingkat provinsi dan kabupaten/kota, surat domisili, dan 30 persen keterwakilan perempuan. Verifikasi faktual bagi partai baru dan yang sudah diputuskan oleh Bawaslu RI untuk diterima berkasnya," kata Robert Randi Wandra, Komisioner KPU Provinsi Babel.

Proses verifikasi faktual partai politik ditingkat provinsi mulai 15 sampai 21 Desember, sedangkan verifikasi faktual di kabupaten/kota selama 21 hari mulai 15 Desember hingga 4 Januari 2018.

Partai yang akan mengikuti verifikasi faktual, kata Robert menunggu hasil dari KPU RI, "Kewenangannya di KPU RI, KPU provinsi dan kabupaten/kota kewenangan melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan partai setingkat, keterwakilan perempuan, domisili kantor partai, dan syarat minimal keanggotaan partai. Ini untuk partai yang baru," tukas Robert.

Adapun parpol calon peserta Pemilu 2019 di Babel yang baru diantaranya Perindo, PSI, Berkarya, Idaman, Garuda ditambah PBB dan PKPI.

"Kami juga menunggu hasil verifikasi administrasi dari KPU, informasinya sore ini. Selanjutnya kami siap di faktualkan," kata Samuel Ketua DPD Berkarya Provinsi Babel.

Halaman