Bayi Azka - Azki Selesai Jalani Operasi Anus

Muri_Setiawan    •    Selasa, 05 Desember 2017 | 14:13 WIB
Viral
Bayi dari pasangan Supiat dan Mainah, yang lahir kembar siam (dempet). (foto:dokpri/fb: @mehoa.pdip)
Bayi dari pasangan Supiat dan Mainah, yang lahir kembar siam (dempet). (foto:dokpri/fb: @mehoa.pdip)

WOWVIRAL – Bayi dari pasangan Supiat dan Mainah, ternyata sudah menjalani operasi di RSCM Jakarta, hari Senin  (4/12/2017) kemarin.

“Kemarin jam 09.30 siang sampai sore, operasinya Alhamdulillah sudah selesai, operasi anus buatan, semacam tempat pembuangan lewat perut, dan kondisi sekarang baik,” ujar Daryani, adik kandung bapak Supiat, saat dihubungi Selasa (5/12/2017) siang.

Dikatakan Daryani, si kembar yang berjenis kelamin laki-laki tersebut diberi nama Azka dan Azki.

“Tanggal 1 Desember kemarin kurang lebih jam 21.00 malam lahirnya, di RSUD Pangkalpinang, jam 1 malam hari Sabtunya dirujuk ke RSBT Pangkalpinang, beratnya 4,8 kilogram. Langsung dirujuk ke Jakarta. Yang ikut berangkat kakak saya (Supiat), Abang ipar Darmawi, sama dua orang bidan dari Trubus dan Lubuk Besar, Bangka Tengah,” lanjutnya.

Daryani mengaku, tidak ada hal yang aneh semasa kakak iparnya (Mainah) mengandung keponakan kembarnya tersebut.

“Makan biasa, tidak ada yang kurang, kayak biasa. Dari keluarga nenek kandung kami memang tidak ada yang kembar, cuma dari nenek sepupu ada yang anaknya kembar,” terangnya.

Daryani sendiri mengaku, sejauh ini sudah banyak pihak yang menawarkan untuk memberikan bantuan kepada pihaknya.

“Alhamdulillah, biaya berobat sampai operasi gratis ditanggung BPJS. Kemarin Baznas bantu uang, terus ada juga yang lain  mau bantu, tapi sampai sekarang belum kami terima. Kami sangat berterimakasih karena banyak yang mau membantu,” tuturnya.

Sementara itu, Mehoa yang pertama kali memberi informasi kelahiran bayi kembar siam ini di linimasa facebooknya mengatakan, sedang berupaya menggalang dana untuk biaya keluarga selama di Jakarta.

“Ini sudah jalin komunikasi sama Adek nya Supiat. Daryani Siva, katanya baru selesai operasi anus. MH akan galang dana di fb,” tulis Mehoa di linimasa halaman fb wowbabel.com, Selasa siang.

Staf Khusus Gubernur Babel, Bambang Arisatria juga memberikan tanggapan seputar pemberitaan yang dimuat wowbabel.com.

“Alhamdulillah kemaren, sinergi bersama provinsi dan kabupaten Bangka Tengah, untuk administrasi adik kita Azka dan Azki sudah diurus termasuk BPJS. untuk biaya living cost tengah kita urus juga. Ayo uluran tangan yang lain, kita bantu berjamaah,” tulis Bambang.

Bambang juga merespon positif gagasan untuk memberikan sosialisasi pentingnya pemberian gizi bagi ibu hamil di Babel.

“Ide bagus, dan akan diteruskan ke Dinas Kesehatan. Mudah-mudahan 2018 masuk program tersebut,” lanjut Bambang.

 

Viral di Medsos

Seperti diberitakan wowbabel.com sebelumnya, seorang ibu bernama Mainah, warga desa Kulur Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (1/12/2017) diketahui melahirkan bayi kembar siam, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang. Kemudian Sabtu (2/12/2017) pukul 01.00 wib dirujuk ke RSBT (Rumah Sakit Bakti Timah) Pangkalpinang.

Bayi yang berusia empat hari tersebut, kini sudah berada di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) Jakarta. Keberangkatan sang bayi ditemani ayahnya bernama Supiat dan beberapa anggota keluarganya. 

Keluarga sang bayi sendiri, menginap sementara di Mess Pemkab Bangka Tengah di Jakarta.

Informasi kelahiran bayi kembar siam ini, merebak dari linimasa facebook yang dibagikan oleh anggota DPRD Bangka Tengah, dengan nama akun @mehoa.pdip, Selasa (5/12/2017) pagi.

"Mari Kita doa kan yg terbaik Utk Anak Saudara KITA ( Supiat dan Mainah ) dari Desa Kulur, usia 2 hari, lahir di rumah sakit timah dan sudah di kirim ke Jakarta, akan di operasi hari ini (share dari Teman, berharap Kebaikan),” tulis Mehoa.

"MH (Mehoa_red) jadi teringat perkataan dr Specialis Obgin Mika Oiku ( Rudi Center PDI Perjuangan BaBel ) Bahwa : Kehamilan Tri Semester Pertama harus cukup Asam Folat, supaya Pembentukan Bayi sempurna sesuai harapan, menghindari : Bibir Sumbing, Jantung Bocor, dan Kelainan Lain nya.. jika sdh lewat dari 3 bulan usia kandungan, biasanya hanya ‘melengkapi’," lanjut Mehoa.

Simpati pun mengalir sangat cepat dari netizen, bahkan linimasa mehoa tersebut sudah dilihat lebih dari 115 orang dan tiga kali dibagikan di linimasa facebook.

Akun Liying Wu menulis, "Hanya bs berdoa demi kesembuhan anak" ini..tuhan berkatikan lha anak" ini agar operasi mereka bs lancar..amin.."

"Subhanallah.. semoga dilancarkan operasinya n sehat selamat buat keduanya, semoga juga kedua org tuanya diberikan kesabaran lebih.. syafakallah ya Allah... aamiin," tulis Wiks Pitaloka di kolom komentar.

Banyaknya dukungan dan pihak yang mendoakan kesehatan sang bayi, adik Supiat menuliskan apresiasinya kepada penduduk dunia maya.

"Bu Mehoa ni saya adik dri bapak Supiat mksih atas perhatiannya....," tulis Daryani Siva.

Anda yang ingin memberikan bantuan kepada biaya pengobatan kepada pihak keluarga dapat menghubungi Bapak Supiat 085295988071, atau adiknya Daryani di nomor 082380552920.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE