Setelah Disortir, Ada Ribuan Surat Suara Rusak

Firman    •    Kamis, 28 Maret 2019 | 18:55 WIB
Pilkada
Ketua KPU Bangka Belitung, Davitri.(dok)
Ketua KPU Bangka Belitung, Davitri.(dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Ketua KPU Bangka Belitung, Davitri, mengungkapkan ada ribuan surat suara pileg yang rusak setelah pihak KPU kabupaten/kota melakukan sortir. Kerusakan terbanyak terjadi di Kabupaten Bangka, berkisar 4.000 lembar.

"Seperti di Kabupaten Bangka kemarin kita sudah mendapatkan laporan ada sekitar 4.000 lebih surat suara. Sedangkan yang dari kabupaten lain-lain kita akan minta serentak disampaikan,” ungkap Davitri kepada wartawan, Kamis (28/3/2019).

Davitri mengingatkan agar KPU kabupaten/kota segera melaporkan jumlah surat suara yang rusak mengingat waktu sudah mepet, yakni memasuki H-19.

"Karena proses selanjutnya kita akan melaporkan ke KPU RI dan akan dicetak kembali di Makassar," kata Davitri.

Davitri menambahkan agar tidak disalahgunakan, maka surat suara yang rusak segera dimusnahkan.

"Kita juga akan lakukan cetak di Makassar lagi di percetakan yang ditunjuk KPU RI kemarin," imbuh Davitri.

Dijelaskan Davitri, kerusakan yang terjadi pada ribuan surat suara disebabkan banyaknya tinta hitam yang menyebar ke surat suara, sehingga akan mempengaruhi dan membingungkan pemilih.

"Karena akibat tinta hitam yang menyebar di surat suara, tidak bisa melihat nama calon-calon yang akan dipilih seperti nama anggota DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kota. Bisa membuat tidak fokus para pemilih," tukas Davitri.(fn/wb)