ICDX Kembalikan Perdagangkan Timah

Tim_Wow    •    Sabtu, 02 Maret 2019 | 17:07 WIB
Ekonomi
logo icdx.(net)
logo icdx.(net)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Bursa Komoditi Derevatif Indonesia (BKDI) kembali memperdagangkan timah bantangan dibursa setelah lima bulan terhenti. BKDI atau ICDX memperbolehkan pengusaha timah mendapatkan sertifikat baik dari yang diverifikasi PT Sucofindo maupun PT Surveyor Indonesia.

Rencananya kontrak baru akan resmi diluncurkan Senin (4/3/2019) diharapkan dapat memulihkan kembali perdagangan timah Indonesia yang sempat tersendat.

“Dengan kontrak baru ini, pelaku usaha bisa menggunakan sertifikat yang diverifikasi PT Sucofindo dan PT SI,” ujar Lamon Rutten CEO BKDI.

Pada Oktober 2018, perdagangan timah sempat dihentikan untuk diperdagangkan di BKDI karena salah satu gudang milik mitra BKDI di Bangka Belitung diduga ilegal. Padahal, timah murni batangan tersebut telah memenuhi ketentuan verifikasi oleh surveyor, yang saat itu diverifikasi oleh PT SI.

Oleh karena itu, BKDI mengeluarkan surat edaran bersama pada 16 Oktober 2018 yang mengatakan untuk menghentikan sementara perdagangan timah murni batangan yang diverifikasi oleh PT Surveyor Indonesia untuk menjaga kepercayaan pasar internasional terhadap hasil ekspor Indonesia.

Akibat hal tersebut, sejumlah timah murni batangan yang telah siap ekspor pun akhirnya gagal serah dan perdagangan ekspor timah Indonesia pun tersendat.

Hingga Februari 2019 hanya 3 dari 34 trader timah yang terdaftar di BKDI yang aktif melakukan perda



1   2